PENERIMAAN MAHASISWA BARU T.A.2014/2015

AKPER JABAL GHAFUR SIGLI….PERTAMA DAN TERAKREDITASI!!!!

Akademi Keperawatan Jabal Ghafur Sigli adalah sebuah lembaga pendidikan formal dibidang kesehatan, khususnya keperawatan yang didirikan oleh Yayasan Pembangunan Kampus Jabal Ghafur Sigli berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.HK.00.06.1.1.2926 tanggal 11 Agustus 1993 dan No.HK.03.01/I/II/4/2685/2009 sebagai  Perpanjangan izin operasional yang terakhir dan masih berlaku.

Sebagai penyelenggara pendidikan kesehatan, Akademi Keperawatan Jabal Ghafur Sigli berkewajiban menjunjungi tinggi profesionalisme dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas serta tenaga perawat yang profesional, sehingga mampu memenuhi tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu.
Dalam kiprahnya sebagai institusi pendidikan kesehatan, Akademi Keperawatan Jabal Ghafur Sigli telah diakui pemerintah dan mendapat akreditasi dari Pusat Pendidikan Nasional Kesehatan dengan kategori Baik (B), ditetapkan melalui Surat Keputusan Menkes RI No.HK.06.01/I/IV/3/00696/2009, tanggal 14 April 2009.

Pendidikan di Akper Jabal Ghafur Sigli diselenggarakan selama 6-10 semester ( 1 semester = 16-19 minggu ), dengan beban studi sebanyak 109 SKS,yang terdiri dari Teori 49 SKS (45 %) ,Praktikum dan Klinik 60 SKS ( 55 % ) dan dimungkinkan sampai dengan 120 SKS dengan tambahan 11 SKS Muatan Lokal/pelengkap. Adapun mata kuliah muatan lokal antara lain : Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Syariat Islam, Komputer dan Internet. Proporsi Teori dengan Praktik adalah 45 % : 55%, diantaranya Praktikum di Laboratorium dan Klinik/Lapangan. Praktikum Klinik tersebut dilaksanakan tidak hanya di Rumah Sakit Umum Sigli dan beberapa Puskesmas dalam wilayah Kabupaten Pidie, tetapi juga di BPK RSUZA Banda Aceh, RSJ Banda Aceh dan RSUP H.Adam Malik di Medan dan rencana magang ke luar negeri .

Disamping kegiatan perkuliahan, mahasiswa juga dibarengi dengan kegiatan ekstrakurikuler, dimana Akper Jabal Ghafur Sigli mempunyai wadah kegiatan mahasiswa antara lain : klub sepak bola ( AJaGh FC), sanggar seni POMA JAGHA, juga tersedia Wi-Fi Gratis untuk memudahkan mahasiswa mencari bahan kuliah dan ikut ambil bagian dalam kegiatan-kegiatan sosial dan kemanusiaan.

Biaya kuliah di Akper Jabal Ghafur Sigli termasuk yang PALING MURAH  di Aceh, tapi mutunya TIDAK MURAHAN…!!!.Sebagai gambaran SPP tahun lalu adalah 2 juta/tahun dan BP3 sejumlah Rp. 1.700.000, dapat dicicil 4 kali dalam setahun.

Dalam proses pembelajaran didukung oleh staf pengajar yang professional di bidang keperawatan dan kesehatan dengan kualifikasi Sarjana Keperawatan/Kesehatan, Magister/S2, Dokter Spesialis dan praktisi kesehatan lainnya. Sejak tahun 1997 s/d 2010 telah menghasilkan lulusan sebanyak 14 (empatbelas) angkatan, mereka telah banyak yang bekerja di berbagai instansi pemerintah, maupun swasta seperti rumah sakit, klinik kesehatan, NGO, dinas kesehatan dan bahkan ada yang bekerja di luar negeri. Untuk Kabupaten Pidie, 90 % tenaga perawat  yang bekerja sebagai PNS bidang Kesehatan adalah lulusan Akper Jabal Ghafur Sigli .Setiap tahun  ajaran baru, Akper Jabal Ghafur Sigli menerima mahasiswa baru yang berminat dalam bidang keperawatan untuk dididik menjadi perawat professional pemula.

I.Persyaratan Administrasi
Dasar Pendidikan

a. Lulusan SMA semua jurusan

b. Lulusan SMU semua jurusan

c. Lulusan Madrasah Aliyah semua jurusan

d. Lulusan SMK Prodi Keperawatan/ SPK .

Tinggi Badan

a. Laki-laki : 153 cm

b. Wanita : 148 cm

Umur Maksimum : 30 tahun

II.Syarat-syarat Pendaftaran

1. Pendaftaran tidak boleh diwakili, peserta wajib dating sendiri

2. Biaya pendaftaran Rp. 200.000,-

3. Mengisi Formulir Pendaftaran dengan menyertakan :

a. Foto Copy Ijazah / STTB/Surat Keterangan Lulus/SKHU yang

telah di legalisir sebanyak 2

(Dua)lbr

b. Pas Foto hitam putih terbaru Ukuran 4X6 sebanyak 6  lembar , 3×4  sebanyak 4 lembar posisi menghadap kedepan,   kedua telinga dapat terlihat kecuali bagi peserta didik yang memakai Jilbab.

c. Dimasukkan kedalam map kuning.

4. Setelah Lulus Ujian tulis harus melengkapi /mengikuti:

a. Mengikuti Tes Kesehatan

b. Surat keterangan bersedia tidak hamil selama mengikuti  pendidikan, Ditulis diatas kertas bermaterai Rp. 6.000,- ( Materai disediakan peserta sebanyak 2 lembar ).

c. Mengisi surat pernyataan mematuhi peraturan pendidikan.

III. Waktu Pendaftaran

*Jam Kerja (08.00 s/d 14.00 Wib).

*Hari minggu dan hari-hari besar tutup

IV.Batas Pendaftaran

a. Gelombang I : Pendaftaran dimulai tanggal 20 April s/d 12 Juli

     2014.

b. Gelombang II: 22 Juli s/d 15 Agustus 2012( Gel. II dibuka jika kuota Gel.I belum mencukupi)

V. Ujian Masuk

1. Jadwal Ujian Tulis dilaksanakan :

a. Gelombang I : 14 Juli 2014,Pukul : 08.00 s/d 12.00 Wib.

b. Gelombang II : 18 Agustus 2014 , Pukul 08.00 s/d 12.00 Wib.

2. Mata Uji.

a. IPA ( Biologi, fisika, Kimia)

b. Bahasa Inggris

c. Matematika

d. Bahasa Indonesia

 

Tempat Pendaftaran/ Ujian

Biro Akademi Keperawatan Jabal Ghafur Sigli

Jln. Prof.A. Majid Ibrahim

Sp. Camat Tijue, Sigli

Telp. ( 0653 ) 22397

Sigli , 30 Mei 2014

Direktur Akademi Keperawatan

Jabal Ghafur Sigli

DTO

H. Antasari Idris, SKM, MNSc

Leave a comment