SEMA AKPER JG dan BRANTAS Sosialisasi Anti Narkoba & HIV-AIDS

Kerjasama Senat Mahasiswa Akper Jabal Ghafur Sigli bersama Badan Rakyat Anti Narkoba,Tawuran dan HIV-Aids (BRANTAS) Provinsi Aceh, mengadakan penyuluhan atau Sosialisasi Anti Narkoba & HIV-AIDS, dengan tema ”Selamatkan Generasi Intelektual dari Narkoba & HIV-AIDS”. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 1 Mei 2010 ini  diikuti oleh hampir seluruh mahasiswa AKPER JABAL GHAFUR SIGLI (red.=BUKAN AKPER UNIGHA).

Acara dibuka secara resmi oleh Bapak Ns.MIRZAL TANTAWI,S.Kep.MKM selaku PUDIR III bagian Kemahasiswaan, di Ruang kuliah Akper Jabal Ghafur Sigli lt.2.Dalam kata sambutannya Mirzal Tantawi mengatakan mengingat  sudah menjamurnya  pengaruh Narkoba di kalangan generasi muda maka Penanggulangan Narkoba sangatlah penting, guna untuk menjaga generasi penerus bangsa. Acara ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan menyadarkan para mahasiswa akan bahayanya Narkoba dan kaitannya dengan HIV-AIDS sehingga mereka akan Say No to Drug and Free Sex. Laporan mengenai peningkatan penyalahgunaan Narkoba menunjukan bahwa Indonesia yang sebelumnya sebagai tempat persinggahan ( transit ), sekarang berubah menjadi pengkonsumsi dan sebagai tempat pemasaran Narkoba terbesar, pengguna ganja, shabu-shabu,  heroin, kokain dan sejenisnya mulai meningkat, termasuk di Aceh, walaupun pemerintah sudah berkomitment bahwa Indonesia akan menjadi daerah yang bebas dari Narkoba pada tahun 2015.

Mirzal Tantawi menambahkan bahwa Narkoba dapat merusak kesehatan manusia baik secara fisik, emosi, maupun perilaku pemakainya dan bahkan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan kematian, sehingga sangat penting bagi kita untuk mengetahui semua resiko di awal sebelum mencoba mengkonsumsi Narkoba. Bahaya narkoba sudah menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat yang peduli dan paham, terutama para pengguna jarum suntik(PEJASUN) yang sangat berisiko untuk tertularnya HIV-AIDS.

Ka.Bag.Umum dan Perlengkapan, Bapak JUNAIDI,SST menjelaskan acara penyuluhan diisi oleh Bapak Heri Wisnu dan Yudi Saputra dari BRANTAS ACEH dengan pengenalan macam-macam jenis Narkoba (Narkotika, Psikotropika, dan bahan addiktif), akibat atau Bahaya penggunaan Narkoba,hubungan penggunaan narkoba dengan penularan HIV-AIDS, jalur/modus Pengedaran Narkoba dalam dan luara Negeri, serta upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi diri dari bahaya Narkoba dan HIV-AIDS. Acara berlangsung sekitar 3 jam dan antusiasme peserta yang hadir sangat baik, terbukti dengan acara seksi tanya jawab yang meriah dan alot serta banyak peserta penyuluhan tersebut yang akhirnya juga mendaftarkan diri menjadi anggota Relawan BRANTAS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s